• You are here:
  • Home »
  • Hotel »

5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jogja yang Disukai Para Pelancong

  1. Bakpia Pathuk , si mungil yang bikin nagih

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke jogja tanpa membawa oleh-oleh yang satu ini. Si kecil mungil yang lezat apa lagi kalau bukan Bakpia. Terbuat dari campuran kacang hijau, gula, kemudian dibungkus dengan tepung ini sangat digemari oleh wisatawan. Tidak hanya lezat, cara memakannya pun praktis. Inovasi pun terus dibuat untuk membuat oleh-oleh khas Jogja ini semakin digemari kalangan milenial.

Mulai bermunculan varian rasa baru seperti rasa cokelat, keju, durian, red velvet, hingga green tea. Perkembangan kue ini bisa dibilang sangatlah pesat bila mengingat dahulu kue yang banyak dipengaruhi budaya China ini hanya dibuat dalam jumlah terbatas di sebuah desa yang bernama Pathuk pada awal abad ke-20.

Dari sekian banyak merek bakpia yang ada, setidaknya ada empat merek bakpia yang sering menjadi incaran wisatawan hingga saat ini. Di antaranya adalah Bakpia 25, Citra Premium, Merlino, dan Kurnia Sari. Biasanya kamu beli yang mana nih gaess ?

2. Bakpia kekinian, Bakpia Kukus Tugu Jogja

Tidak seperti bakpia pada umumnya, bakpia yang satu ini memiliki tekstur lebih lembut di bagian luar maupun dalam. Bakpia Kukus Tugu Jogja yang diminati wisatawan ini sedang naik daun karena keunikannya. Satu kotak bakpia ini berisi 10 biji dengan harga mulai dari Rp 25.000. Varian rasa dari bakpia kekinian ini cukup banyak, ada kacang merah, kacang hijau, keju, dan cokelat.

3. Gudeg Kalengan , makanan khas Jogja dikemas dalam kaleng

Kuliner yang sudah menjadi ikon kota jogja ini , apalagi kalau bukan Gudeg. Nangka muda sebagai bahan baku utama dimasak dengan santan dan dihidangkan bersama sambal goreng krecek sangat mudah ditemukan di kota Pelajar ini. Keunikan rasa dari makanan ini sangat disukai para wisatawan. Oleh karena itu , janga lupa untuk membeli buah tangan Gudeg di Yogyakarta.

Kini, gudeg tidak hanya dijual dengan kendil atau besek. Kuliner Yogyakarta yang satu ini semakin mudah untuk dibawa pulang karea tersedia dalam bentuk kalengan. Masa kadaluwarsanya bisa dibilang cukup lama, yakni mencapai satu tahun tanpa mengurangi cita rasanya. Jadi Jangan cemas jika gudeg yang kamu bawa ini akan basi.

4. Walang goreng, jajanan unik khas Gunung Kidul

Oleh-oleh jogja yang satu ini bisa dibilang tidak umum. Bagaimana tidak, belalang sebagai hama bagi para petani ini diolah sedemikian rupa menjadi makanan enak yang bisa dijadikan lauk. Pastinya akan seru jika dinikmati bersama teman dan keluarga.

Camilan ini memilik kandungan protein yang cukup tinggi. Ada 3 varian rasa yang bisa kamu nikmati yaitu gurih, pedas & bacem. Harganya bervariasi, namun rata-rata Rp 30.000 per toples

5. Keripik Belut, camilan belut yang enak

Rekomendasi_Oleh_Oleh_Khas_Jogja_Keripik_Belut

Jogja selain sebagai kota pelajar juga memiliki julukan sebagai kota budaya. Jika kamu ingin berwisata budaya, mampirlah ke 10 desa wisata terbaik di Jogja. Ketika pulang , jangan lupa untuk belanja keripik belut.

Berkunjunglah ke pusat kuliner belut Godean, sleman yang berjarak 8 kilometer dari pusat kota. Di tempat ini, anda bisa menemukan puluhan penjual keripik welut yang gurih dan enak. Harga kurang lebih Rp 70.000 /kg , tergantung ukuran dan campuran tepungnya. Selain belut dijual pula seperti mangut lele, pepes welut, sego welut, hingga sambel penyet welut. So Yummy!